Sinergikan Pembangunan Proyek Strategis Nasional, PLN Perkuat Koordinasi dengan Kementrian dan Taman Nasional Baluran

    Editor : MKS | 29 November 2022

Bali, IPers 29 November 2022 Sinergi Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) guna peningkatan keandalan kelistrikan kerap dilakukan PLN dengan Stakeholder Terkait. Kali ini PLN kembali berkoordinasi untuk perkuat sinergitas dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Taman Nasional Baluran (TNB). (23/11)

Giat yang ditujukan untuk meningkatkan kesepahaman antara PLN, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Taman Nasional Baluran ini, kerap dilakukan secara berkala terutama dengan adanya Perjanjian Kerja Sama antara PLN dengan Taman Nasional Baluran sehingga diharapkan nantinya rencana pembangunan SUTET 500 kV Paiton-Watudodol/Kalipuro akan berjalan dengan lancar dan tepat waktu sehingga dapat membawa dampak positif bagi sistem kelistrikan di Pulau Jawa dan Bali guna peningkatan kualitas kehidupan masyarakat secara luas.

Ditemui dalam rapat koordinasi Bersama, Ketua Pokja Pembangunan Strategis KK Kementrian LIngkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Djudjuk Wiyono, S. Hut, M.Si. memberikan apresiasi kepada PLN atas usahanya secara konsisten dalam menggalang sinergi sehubungan dengan usaha pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN). Lebih lanjut Djujuk mengatakan bahwa Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendukung Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang merupakan program pemerintah yang pastinya akan bermanfaat terhadap kemaslahatan orang banyak. Djujuk menegaskan pihaknya siap membantu mensukseskan pembangunan Proyek Strategis Nasional.

Kepala Balai Taman Nasional Baluran, Pudjiaji menyampaikan komplimen kepada PLN dalam usaha peningkatan keandalan kelistrikan. Lebih lanjut pihaknya mengatakan bahwa dengan adanya rencana tower yang akan ada di wilayah Taman Nasional Baluran dalam rangka rencana pembangunan SUTET 500 kV Paiton-Watudodol/Kalipuro, maka Taman Nasional Baluran siap bersinergi demi tercapainya Pembangunan Proyek Strategis Nasional yang merupakan mandat Pemerintah.

“Taman Nasional Baluran siap bersinergi demi kelancaran rencana pembangunan Proyek Strategis Nasional. Program Pemerintah pasti kami dukung, terkait rencana pembangunan kami sepakat akan dilakukan monitoring dan evaluasi bersama secara periodik terutama terkait rencana pembangunan tower transmisi PLN yang beberapa akan berada di Kawasan Taman Nasional Baluran. Koordinasi ini penting agar Proyek Strategis Nasional dapat segera terbangun dengan aman dan nyaman bagi seluruh pihak.”, ucap djujuk.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB), Muhammad Ramadhansyah menyampaikan bahwa koordinasi secara intensif penting dilakukan agar memperkuat sinergitas antara PLN dengan stakeholder terkait yang dalam hal ini termasuk Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Taman Nasional Baluran. Ditambah lagi rencana pembangunan Proyek Strategis Nasional ini melewati kawasan Taman Nasional Baluran, sehingga sangat diperlukan koordinasi dan interaksi yang baik agar diperoleh kesepahaman dan kesatuan visi dalam mensukseskan program pemerintah ini.

“Kami sangat berterima kasih atas kerjasama yang diberikan Taman Nasional Baluran dan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kami berharap sinergitas ini akan berjalan semakin erat. Kami optimis dengan adanya kolaborasi yang baik antara PLN dan Stakeholder terkait maka rencana pembangunan Proyek Strategis Nasional yang dalam hal ini SUTET 500 kV Paiton-Watudodol/Kalipuro akan berjalan tepat waktu sehingga nantinya akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan serta bermanfaat bagi masyarakat luas.” ucap Muhammad Ramadhansyah. (MA)

 

 

 

Berita Terkait