Peringatan Hari Lahir Pancasila di Polres Bandara Ngurah Rai

avatar Indonesia Pers

Polres Bandara, IPers- Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni di Mapolres Bandara I Gusti Ngurah Rai di peringati melalui sebuah Upacara Bendera yang dilaksanakan Halaman Mapolres setempat, kamis (1/6/2023).

Selaku Inspektur Upacara (Irup) Wakapolres Bandara I Gusti Ngurah Rai Kompol I Ketut Darta, S.H., M.H. yang diikuti oleh Para Pejabat Utama (PJU), Bintara dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Iruf Wakapolres Kompol I Ketut Darta saat membacakan amanat tertulis Presiden RI mengatakan Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara. 

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,”ujarnya.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.

“Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari,”ucapnya. 

Mari kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Miangas hingga Pulau Rote. Terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan. Semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya. (hum23)(Tmr/Red)

Editor : MKS