Kaleidoskop 2023: Tak Hanya Listrik, Ekspansi Bisnis Beyond kWh PLN Torehkan Prestasi Gemilang

Jakarta || IPers - 7 Januari 2024. Transformasi yang terus dilakukan PT PLN (Persero) turut berbuah manis terhadap bisnis di luar sektor kelistrikan (_beyond kWh_) sepanjang tahun 2023. Dibandingkan dengan capaian tahun 2022, bisnis tersebut berhasil tumbuh sebesar 28 persen.

PLN melalui subholding PLN Icon Plus berhasil memaksimalkan aset kelistrikan menjadi layanan _fixed broadband_. Layanan yang dikenal sebagai Iconnet ini mampu memperoleh lebih dari 1 juta pelanggan hingga akhir tahun 2023.

Baca Juga: Inovasi Terbaru PLN, Tiang Listrik Dijadikan SPKLU, Ekosistem EV Makin Menarik

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, kehadiran PLN Icon Plus diharapkan dapat memberikan solusi untuk pelayanan bisnis di luar sektor kelistrikan atau _beyond kWh_.

"PLN Icon Plus telah berhasil melakukan berbagai terobosan dalam transformasi subholding _beyond kWh_, dari proses bisnis yang sebelumnya manual dan terfragmentasi menjadi terdigitalisasi dan terintegrasi sejalan dengan perkembangan bisnis," kata Darmawan.

Dirinya menambahkan, transformasi bisnis ini terbukti memberikan dampak positif pada pertumbuhan kinerja PLN Icon Plus. Raihan pendapatan PLN Icon Plus pada 2023 menjadi yang terbesar sepanjang sejarah.

”Kami mengubah cara pandang dari sebelumnya _backward looking_ menjadi _forward looking_, layanan yang sebelumnya statis menjadi dinamis dan _agile_ sehingga kami mampu mengubah tantangan menjadi peluang. Kini kami juga makin optimal dalam melayani masyarakat,” lanjut Darmawan.

Darmawan pun optimistis transformasi ini akan mengantarkan PLN Icon Plus menjadi pemimpin dalam lini bisnis konektivitas, digital dan solusi hijau. PLN Icon Plus melalui layanan Iconnet berhasil meraih persentase _Take Up Ratio_ (TUR) atau perbandingan pembangunan _Home Pass_ terhadap jumlah pelanggan di industri telekomunikasi yang tertinggi di Indonesia.

Baca Juga: Dorong Pertumbuhan EV di Tanah Air, PLN Bangun Lebih Dari 624 SPKLU Hingga Tahun 2023

”Bukti lain dari keberhasilan transformasi ini juga tercermin melalui layanan Iconnet yang berhasil menjaring 1 juta pelanggan per November 2023 meski belum genap tiga tahun didirikan. Lewat layanan Internet _Fixed Broadband_ tersebut, Iconnet memiliki TUR yang mencapai 39%. Ini jauh dari rata-rata TUR industri telekomunikasi Indonesia yang mencapai 25%,” tutur Darmawan.

Direktur Utama PLN ICON Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi menambahkan bahwa diferensiasi dalam proses bisnis digital seperti internet, _smart home_, dan solusi hijau seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap dan kendaraan listrik yang saling terintegrasi dalam konsep _smart and green_ juga menjadi salah satu pendorong pendapatan.

"PLN Icon Plus tidak hanya hadir sebagai perusahaan yang menyediakan Solusi Digital dan Konektivitas saja, tapi juga menghadirkan layanan terintegrasi dengan konsep _Smart & Green_ sebagai Solusi bagi masyarakat," tambah Ari.

Dalam hal ini kata Ari, PLN Icon Plus terus melebarkan sayap bisnisnya yang tidak hanya di ranah nasional tapi juga global. Pada April 2023, PLN Icon Plus menyepakati kerja sama dengan ABB Sakti Industri terkait pengembangan layanan dan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik di tanah air. Lalu pada Juni 2023, PLN Icon Plus juga menjalin kerja sama dengan Sacomtel LDA dari Sacom Group untuk menghadirkan layanan _Information and Communication Technology (ICT)_ di Timor Leste. 

Baca Juga: Kaleidoskop 2023: Kian Diminati, Penggunaan REC PLN Meningkat 75%

Selanjutnya pada Juli 2023, PLN Icon Plus juga menggandeng 10 perusahaan guna menyediakan layanan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap. Lalu, PLN Icon Plus juga menyepakati kerja sama dengan PT China Mobile Indonesia dalam penyediaan sistem _smart home_ pada Agustus 2023. Tidak hanya itu, pada September 2023, PLN Icon Plus juga menjalin kerja sama dengan Perusahaan asal China, Huawei dalam hal pengembangan digitalisasi, salah satunya kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

PLN Icon Plus juga turut serta dalam upaya pemerataan digital di seluruh Indonesia. Layanan PLN Icon Plus telah dinikmati oleh lebih dari 70% Pemerintah Kabupaten dan Kota di Indonesia. Dengan memanfaatkan aset ketenagalistrikan, PLN Icon Plus juga telah berhasil menjangkau 15% desa di seluruh Indonesia, di mana belum ada penyedia lain yang dapat menjangkaunya. 

”Berbagai prestasi yang kami ukir dan kerja sama yang telah terjalin dapat menjadi bukti kepercayaan mitra dan pelanggan atas kinerja PLN Icon Plus. Sehingga, tidak saja memberi pendapatan signifikan, di saat bersamaan mampu meningkatkan kapasitas nasional lewat akselerasi EBT, internet, dan penerapan teknologi mutakhir untuk kemajuan bangsa Indonesia,” tutup Ari. (MA) 

Editor : redaksi