EV 4 Wheels Makin Beragam, PLN Sediakan Layanan Home Charging Bagi Pembeli Mobil Listrik Chery

Jakarta || IPers  -22 Februari 2024. PT PLN (Persero) tak ketinggalan dalam mendukung beragamnya manufaktur kendaraan listrik yang hadir di Indonesia. Kini PLN mendukung Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Chery Sales Indonesia untuk layanan _home charging_. 

Lewat kerja sama antara PLN dan Chery, kini para pelanggan kendaraan listrik tak perlu khawatir. Pembelian mobil Chery akan langsung terlayani dengan layanan _home charging_ PLN. Kerja sama kedua perusahaan ini dilakukan di sela-sela gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, JIEXPO Kemayoran Jakarta, Senin (19/02).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, langkah ini merupakan upaya PLN dalam mendorong akselerasi kendaraan listrik di Indonesia melalui penyediaan layanan _home charging_, Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) maupun Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

“Kerja sama ini diharapkan tidak berhenti di sini agar semakin banyak manufaktur kendaraan listrik yang hadir di Indonesia, sehingga cita-cita _Net Zero Emissions_ di Indonesia dapat diwujudkan,” ujar Darmawan.

Executive Vice President Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Retail PLN, Tony Bellamy mengatakan bahwa produk _home charging_ merupakan produk yang dikembangkan untuk mempermudah pengguna _electric vehicle_ (EV). Di mana para pelanggan diberikan kemudahan dengan adanya infrastruktur kelistrikan untuk mengisi daya kendaraan pribadi mereka di rumah sendiri.

“PLN telah mengembangkan produk _Home Charging Services,_ produk ini menjadi keuntungan bagi konsumen, sebab pengisian daya kendaraan listrik di rumah atau _home charging_ pelanggan akan mendapatkan harga special biaya penyambungan pasang baru atau penambahan daya serta diskon tarif Listrik,” ujar Tonny.

Selain itu, Tonny menambahkan bahwa kerja sama ini juga memberikan manfaat kepada calon pembeli EV Chery. Dengan membeli kendaraan roda empat, pelanggan memiliki kesempatan untuk mengajukan pengisian daya di rumah melalui aplikasi PLN Mobile.

“Para calon pembeli mobil Chery tidak perlu risau, setelah pembelian kendaraan, para pengguna dapat mengajukan untuk pemasangan _home charging_ melalui PLN Mobile. Kami dapat memastikan bahwa pemasangan _home charging_ ini sudah terpasang sehari sebelum kendaraan tersebut tiba di rumah pelanggan,” ungkap Tonny.

Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia, Qu Jizong mengatakan kerja sama ini merupakan bentuk nyata dari kesamaan visi dan misi antara PLN dan Chery dalam mewujudkan ekosistem EV di Indonesia.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, butuh dukungan semua pihak untuk meningkatkan _awareness_ masyarakat terkait pentingnya perubahan penggunaan moda transportasi ke kendaraan yang ramah lingkungan, salah satunya adalah EV,” ungkapnya.

Qu Jizong juga menambahkan bahwa melalui kerja sama ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam pemanfaatan insentif dari pemerintah.

“Konsumen mobil listrik belum sepenuhnya memanfaatkan insentif yang diberikan oleh pemerintah. Dari kolaborasi ini Chery bersama PLN bukan saja tentang bisnis, tetapi kolaborasi pada edukasi bagi masyarakat umum,” pungkasnya.

Hingga saat ini, Chery menjadi ATPM EV roda empat yang ke-8 yang telah menjalin kerja sama dengan PLN. PLN akan terus berkolaborasi dengan banyak mitra untuk memacu pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. (MA) 

Editor : redaksi