Semarakkan Bulan K3 Nasional, PLN UIP JBTB Gelar Refreshment Simulasi Tanggap Darurat Kebakaran

Tim P3K UPPJBTB 1 sedang melakukan penanganan awal korban kebakaran. (foto: istimewa) 

Jogjakarta || IPers - Februari 2024 - PT PLN (Persero) UIP JBTB melalui unitnya PT PLN (Persero) UPP JBTB 1 yang berkantor di kawasan pusat kota Yogyakarta menggelar _refreshment_ Simulasi Tanggap Darurat Kebakaran dan Evakuasi.

Baca Juga: “Berhasil Tingkatkan Keandalan Kelistrikan”, PLN UIP JBTB Rampungkan 17 Pembangunan Infrastruktur Ke

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional yang diperingati tanggal 12 Januari 2024 sampai dengan 12 Februari 2024 sesuai dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI No. 244 Tahun 2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2024

Pada tahun 2024 ini Bulan K3 Nasional mengangkat tema *“Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”* dan Sub Tema Korporat PLN *“Berbudaya K3 untuk Mewujudkan Aktivitas Ketengalistrikan Yang Aman, Selamat, Sehat dan Berkelanjutan”.*

Kegiatan simulasi yang diikuti oleh seluruh pegawai dan karyawan-karyawati UPP JBTB 1 Yogyakarta ini, diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi keadaaan darurat dan meningkatkan respon time khususnya bencana kebakaran.

Simulasi tanggap darurat juga sebagai _refreshment_ bagi seluruh pegawai dan Tenaga Alih Daya (TAD) yang dilaksanakan setiap tahun sekali.

Dalam rangkaian peringatan Bulan K3 Nasional ini, PT PLN UIPJBTB bersinergi dan berkolaborasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta (DAMKARMAT), PSC _(Public Service Center) Ambulance_ 119 Kota Yogyakarta dan Kepolisian setempat untuk memberikan Lecturing, materi pembinaan dan pelatihan simulasi. 

Baca Juga: Percepat Pembangunan Jawa Bali Connection (JBC), PLN UIP JBTB Gelar Audiensi Dengan Bupati Banyuwang

General Manager UIP JBTB, Anang Yahmadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas DAMAKARMAT Kota Yogyakarta dan PSC _(Public Service Center) Ambulance_ 119 Kota Yogyakarta yang telah memberikan Pembinaan dan Pelatihan khususnya di Unit PT PLN UIP JBTB 1 Yogyakarta.

“Kegiatan Simulasi Tanggap Darurat Kebakaran dan Evakuasi ini bertujuan untuk refreshment agar para pegawai lebih tercerahkan kembali, lebih siap dan sigap, lebih paham dan percaya diri lagi apa yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran dan memberikan pertolongan kepada pegawai lainnya apabila ada korban luka disaat terjadi kebakaran di lingkungan kerja” Ungkap Anang.

Dalam kesempatannya, Rudi Firdaus selaku Kepala Bidang Operasional Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DAMKARMAT Kota Yogyakarta menyatakan Simulasi tanggap darurat kebakaran dan evakuasi yang dilaksanakan di PLN UPP JBTB 1 sudah berjalan baik, komunikasi antar regu tanggap ( regu evakuasi, regu pemadam kebakaran, regu P3K, regu keamanan, regu komunikasi dan ketua tanggap darurat) sudah sesuai dengan prosedur. Begitu juga koordinasi antara PLN dan DAMKAR serta Tim PSC Ambulance berjalan dengan lancar dan sesuai dengan prosedur tanggap darurat.

“Simulasi ini merupakan sarana latihan bersama antara PT PLN (Persero) UPP JBTB 1, DAMKARMAT Kota Yogyakarta dan PSC _(Public Service Center) Ambulance_ 119 Kota Yogyakarta. Diharapkan dengan pelaksanaan Simulasi kebakaran ini pegawai PLN UPP JBTB 1 selalu peduli akan pentingnya keselamatan kerja khususnya di kantor PLN UPP JBTB 1”. Ungkap Rudi.

Baca Juga: Dukung Program Pemerintah Penurunan Stunting, PLN UIP JBTB laksanakan Program Srikandi Movement

Turut aktif dalam kegiatan Manager PT PLN UPP JBTB 1 Yogyakarta, Wahyu Kurniawan juga mengungkapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Dinas DAMKARMAT Kota Yogyakarta dan PSC _(Public Service Center) Ambulance_ 119 Kota Yogyakarta.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi keadaaan darurat dan dalam rangka memperingati bulan K3 Nasional 2024. Terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Dinas DAMKARMAT Kota Yogyakarta dan PSC _(Public Service Center) Ambulance_ 119 Kota Yogyakarta sehingga acara ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar”. Tutup Wahyu. (dex) 

 

Editor : redaksi