Jelang Hari Besar Keagamaan, Satgas Pangan Polri Monitoring dan Evaluasi Pasokan dan Harga Pangan

IPERS - Menjelang hari besar keagamaan, Kepala Satgas (Kasatgas) Pangan Polri, Brigjen. Pol. Whisnu Hermawan Februanto, S.I.K., M.H. melaksanakan melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pasokan dan Harga Pangan Periode HBKN Puasa dan Idul Fitri. Wilayah Bali, Rabu (27/03/2024).

Kegiatan rakor HBKN dibuka oleh Sekertaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dilanjutkan paparan oleh Kabid DKPP Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan terkait dengan pokja Ketersediaan dan Cadangan Pangan.

Baca Juga: TNI-Polri di Lumajang Gencarkan Patroli Bersepeda Sasar Rumah Kosong yang Ditinggal Mudik

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan oleh Deputi Bidang Keanekaragaman Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional terkiat Aksi dan Kebijakan Strategis Badan Pangan Nasional dalam rangka pengendalian inflasi pangan sebelum HBKN.

Setelah melaksanakan Rakor Monitoring dan Evaluasi Kegiatan dilanjutkan dengan Monev di Pasar Tradisional, Pasar Modern dan Gudang Bulog.

Baca Juga: Sinergitas TNI Polri di Magetan Masifkan Patroli pada Operasi Ketupat Semeru 2024

Hasil pemantauan dan pengecekan di Pasar modern dan pasar tradisional maupun Gudang Bulog menjelang HBKN stok komoditi pangan termasuk Beras SPHP masih terpantau aman terkendal serta tidak ada peningkatan harga komoditi yang signifikan/ masih dalam keadaan wajar/ normal.

Beberapa komoditas Pangan yang menunjukkan peningkatan harga Tomat, Gula Pasir namun masih dalam keadaan wajar. Secara keseluruhan beras sudah mengalami penurunan sekitar 400 rupiah/ Kg.

Baca Juga: Kapolri Tegaskan TNI-Polri Komitmen Beri Rasa Aman ke Warga yang Mudik

Stok beras per tanggal 27 Maret 2024 di Bulog yaitu 6.000 ton yang secara merata sudah ada di masing-masing gudang Bulog daerah. Komoditas beras beransur mulai terkendali dengan masuknya masa panen dibeberapa sentra produksi Di Minggu pertama bulan Maret 2024 . (ANS)

Editor : redaksi