Gold untuk Pendidikan Bersinar Kampung Batara Papring – Banyuwangi dan Silver untuk Kampus Kopi Banyuanyar – Boyolali

PT PLN (Persero) – Desa Wisata Kampus Kopi Banyuanyar
PT PLN (Persero) – Desa Wisata Kampus Kopi Banyuanyar

Jakarta || IPERS - 12 Mei 2024 - PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) menerima 2 (dua) penghargaan bergengsi yakni Kategori Gold dan Silver dalam ajang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards Tahun 2024 yang digelar oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Jakarta pada Selasa (7/5). Kedua kategori ini yaitu kategori Gold (Pendidikan) diraih oleh mitra Binaan Kampoeng Batara Papring di Banyuwangi dengan judul program PT PLN (Persero) - Pendidikan Bersinar Kampung Batara Papring sedangkan kategori Silver (UMK) diraih oleh Kampus Kopi Banyuanyar di Boyolali dengan judul program PT PLN (Persero) - Desa Wisata Kampus Kopi Banyuanyar. Penghargaan langsung diberikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Prof. Dr. (H.C.) A. Halim Iskandar, MPd.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof.Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin mengatakan acara yang digelar bekerjasama dengan Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) ini bertujuan untuk mengapresiasi perusahaan maupun perseorangan yang terus berkomitmen dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) dan terus membantu pemerintah untuk memajukan kesejahteraan masyarakat desa. “Selain bertumpu pada penyaluran dana desa, BUMDes juga membutuhkan Program CSR oleh BUMN dan perusahaan swasta Dalam upaya memperkuat sumber daya pembangunan desa berkelanjutan,” tegas Ma’ruf.


“Lanjutkan komitmen BUMN, perusahaan swasta, BUMDes dan seluruh aktor penggerak lokal dalam CSR, Pastikan target penerima CSR secara tepat dan bermanfaat mendorong pembangunan yang inklusif dan ramah lingkungan, Tingkatkan inovasi dan bangun BUMDes yang optimalkan pemberdayaan masyarakat dan ciptakan lapangan kerja berkesinambungan, Tempa kualitas SDM agar semakin unggul, kreatif, inovatif dan adaptif dengan dinamika perubahan, untuk berkonstribusi dalam pembangunan bangsa, Jadikan penghargaan sebagaipemacu dunia usaha, dan program CSR sebagai prioritas sesuai proses bisnisnya,” pesan Ma’ruf.


General Manager PLN UIP JBTB dalam kesempatan terpisah Anang Yahmadi mengungkapkan apresiasinya kepada dua program binaan PLN UIP JBTB ini. Anang menjelaskan dengan visi, perencanaan serta sinergitas dari semua pihak hal ini terlaksana dengan baik.


“Sinergitas tinggi antara PLN dan Stakeholder dengan memperhatikan dan membantu masyarakat di sekitar pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang dapat menggerakkan roda perekonomian, menaikkan tingkat pendidikan dan kesehatan masyarakat tidak hanya dirasakan melalui program kelistrikan namun juga sumbangsih melalui program TJSL yang dikenal dengan nama Program “PLN Peduli” dan hal ini tentunya menunjukkan keberhasilan nilai dari transformasi PLN,” tambah Anang.


“Puji Syukur Mitra Binaan PLN UIP JBTB mendapatkan kategori Gold dan silver pada 2 (dua) kategori sekaligus, pada penghargaan bergengsi CSR dan PDB Awards 2024 ini, tidak lain berkat usaha bersama, bantuan dari PLN, sinergitas antara semua pihak, baik pihak Pemerintah setempat, Dinas terkait seperti dinas pendidikan dan lainnya, LPMK serta lokal hero dan seluruh komunitas yang memiliki komitmen yang kuat dalam mengembangkan potensi komunitas selama 3 (tiga) tahun 2 (dua) program ini berjalan,” ucapnya.


Program Pendidikan Bersinar Kampung Batara Papring yang meraih penghargaan Gold untuk kategori Pendidikan menunjukkan bahwa PLN bersama Sekolah Adat Kampung Batara Papring memiliki tujuan utama agar generasi emas saat ini bisa mengenal kampungnya melalui pendidikan yaitu kemampuan membaca untuk para warga dan generasi muda yang buta huruf.


Program TJSL PLN Peduli Bersama Kampung Batara Papring mempunyai program bantuan utama yaitu pendidikan dan kerajinan (bambu dan kayu). Program TJSL PLN ini turut andil dalam keberhasilan pengentasan buta huruf yang dibuktikan dengan keluarnya 100 SUKMA (Surat Keterangan Melek Aksara) oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, sertifikat bahasa Inggris, pembangunan rumah budaya, rumah cerdas, rumah digital (videografi, pembuatan film dokumenter), pemberian sarana dan prasarana belajar seperti komputer yang digunakan untuk ujian para siswa, pelatihan kerajinan bambu, pelatihan dan pemberian alat produksi kerajinan kayu
Program Desa Wisata Kampus Kopi Banyuanyar yang meraih penghargaan Siver untuk kategori UMK menunjukkan bahwa PLN bersama BUMDes Banyuanyar memiliki tujuan mewujudkan Desa Banyuanyar sebagai Desa Wisata Kampung Kopi Susu sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa Banyuanyar Tahun 2019-2025.


Setelah mendapat bantuan dari PLN, terdapat banyak peningkatan pada UMK Kampus Kopi Susu Banyuanyar, yakni meningkatnya keterampilan masyarakat dengan munculnya 9 UMK baru yaitu UMK Kuliner, Produk Madu dan Susu, Kebun Kopi, Kopi Barista, Keju dan Kopi Klasik, Kampung Homestay, Biofarmaka, Jahe, dan Ekraft . Munculnya PIRT dan Sertifikat halal Nomor ID33110002856930423 untuk produk Madu; Pendaftaran 3 merk dagang yaitu Kampus Kopi Banyuanyar, Omay Susu Cowboy, OVeJe Omah Varian Jahe. Pemberian sarana dan Peningkatan skill SDM BUMDes di bidang fotografi dan videografi.

Tersedianya sarana dan prasarana penunjang yang memadai dalam pengembangan desa wisata kopi susu. Keberhasilan lain dari binaan Program PLN Peduli ini adalah Desa Wisata Kampung Kopi Susu mengalami kenaikan jumlah pengunjung 30 kali lebih banyak sebelum mendapatkan bantuan program TJSL PLN. (Red)

Editor : redaksi